Cara Membuat Blog Untuk Blogger Pemula

Posted by Desain Kode Friday, December 18, 2015 0 comments

CARA MEMBUAT BLOG BARU DI BLOGSPOT

Sebelum membuat blog dan meneruskan untuk membaca artikel ini, terlebih dahulu pikirkan, sebenarnya apa tujuan anda akan membuat blog. Apakah membuatnya hanya untuk sekedar belajar dan menambah ilmu? mengikuti trend atau untuk memasarkan bisnis anda lewat jejaring online?.

Saat ini, banyak blogger yang hanya semangat melakukan blogging di awal saja, hingga selang beberapa waktu blog yang dibuatnya menjadi tidak terurus. Itu tidak jadi masalah, seperti yang saya katakan di awal, mungkin meraka membuat blog tersebut hanya untuk menambah ilmu baru. Awalnya memang kebanyakan orang membuat blog untuk kalangan sendiri saja yang nantinya dipakai untuk mengutarakan semua tentang pribadi orang tersebut atau bisa disebut diari onlinenya. Namun seiiring dengan berjalannya waktu, ada juga yang menjadikan blog sebagai hobby untuk menulis hal-hal yang disukainya, membuat portfolio, mengembangkan bisnis, tempat untuk mencari uang dengan adsense, sampai saya pernah mendapat orang menjadikan blog sebagai tempat mengutarakan isi hatinya kepada orang yang dicintainya.

Blog yang akan dibahas di artikel ini, dan nantinya akan dikembangkan pada artikel-artikel lain pada blog desainkode ini adalah sebuah website gratis berplatform "blogspot" yang disediakan gratis untuk kalian yang hobi menulis. Akan ada banyak hal yang akan dibahas di blog ini, namun untuk artikel yang pertama sebelum mencoba hal-hal yang lebih baru, disini saya akan memaparkan cara membuat blog baru bagi blogger pemula. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka www.blogger.com. pilih "Create account"
  2. tapi jika anda sudah mempunyai akun google, anda dapat mengabaikan langkah ini hingga proses pembuatan akun baru untuk google selesai.
  3. Isi dengan lengkap data diri. Setelah itu klik "Next"
  4. cara buat blog baru untuk pemula
  5. Proses pembuatan akun google selesai. Klik "Continue to blogger"
  6. buat akun baru di blogspot
  7. Selanjutnya adalah tahapan pembuatan profile Google Plus (G+). Sama seperti facebook dan Twitter, G+ juga merupakan salah satu dari jejaring sosial yang dikembangakan oleh Google. klik "Create a Google + profile"
  8. buat profil google plus
  9. "Add your photo" jika ingin menambahkan foto pada profil google yang telah dibuat. Setelah itu pilih "Upgrade"
  10. membuat akun google plus di blog
  11. "Add people" untuk menjadikan teman di G+. Jika tidak ada klik "Continue"
  12. Pada halaman "Follow thing you love" follow hal-hal yang ingin anda ikuti di G+. Jika tidak ada klik "Continue" lalu pilih "Continue Anyway"
  13. Selanjutnya, lengkapi data diri untuk profil G+. Setelah itu klik "Finish"
Proses pembuatan akun email dan profil G+ selesai. klik "Continue to Blogger", maka akan masuk kehalaman blogger. Perlu diketahui, satu akun merupakan semua akun Google yang ada dan untuk setiap akun google yang telah dibuat tersebut, dapat kita gunakan untuk membuat banyak Blog. Jadi, setelah membaca dan mengikuti tahapan artikel ini, anda sudah mempunyai email baru, profile G+ baru dan blog baru. Mari kita buat salah satu blog barunya :
membuat blog baru untuk pemula
  1. Klik "New Blog"
  2. Tulis Judul Blog yang diinginkan. setelah itu tulis Alamat Blog yang diinginkan. 
  3. Judul Blog dan Alamat blog disini sangat berpengaruh besar pada SEO google, jadi biasanya blogger yang membuat blog dengan tujuan untuk memasarkan produknya ke jejaring online mempertimbangkan untuk pemilihan nama dan alamat blog yang tepat.
    membuat blog baru di blogspot
  4. Pilih Template yang disuka. setelah itu klik "Create Blog"
  5. Template yang ditampilkan merupakan template standar dari blogger. nantinya anda dapat menggantinya sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

MENGENAL MENU-MENU PADA BLOGSPOT

Blog baru di blogspot telah berhasil dibuat. Selanjutnya, anda akan dialihkan ke halaman Overview yang mana merupakan tampilan awal setiap anda membuka blog. Ada beberapa menu dalam blogspot yang tentunya mempunyai peranan dan fungsi masing-masing. Berikut pejelasan dari setiap menu tersebut :
menu pada blogspot
  1. CREATE NEW POST adalah tempat untuk membuat artikel baru yang akan ditampilkan di blog.
  2. VIEW POST (sama dengan No 4) adalah menu untuk mengatur postingan yang telah dibuat. Mulai dari mengedit, membagikan artikel ke G+, menghapus artikel atau mengatur label untuk setiap artikel yang ada.
  3. VIEW BLOG adalah untuk melihat tampilan blog.
  4. OVERVIEW ialah bagian dari STATS. tampilan untuk melihat update blog secara terkini diantaranya jumlah Pageviews, Comment, Postingan ataupun Follower blog
  5. VIEW POST (sama dengan No 3)
  6. PAGES adalah Laman atau halaman statis. Berbeda dengan Pos, Laman tidak akan di tampilkan di halaman depan blog, tidak memiliki label, tanggal publish, author, dan tidak diarsipkan. Kita juga hanya dapat membuat Halaman Statis sebanyak 20 laman
  7. COMMENTS adalah menu untuk mengatur komen-komen yang masuk ke blog. 
  8. GOOGLE+ ialah menu untuk mengatur G+ yang dikaitkan dengan Blog. Mulai dari share atau tampilan comment blog menggunakan G+.
  9. STATS adalah menu untuk melihat semua laporan-laporan pengunjung blog. Secara mendetail dapat menampilkan pengunjung untuk artikel tertentu, asal pengunjung dan kata kunci yang mengarah ke blog kita.
  10. EARNINGS adalah menu Google Adsense. Sebaiknya abaikan menu ini jika blog masih terbilang baru. Menu ini biasanya hanya digunakan oleh blogger dengan pengunjung blog yang sudah banyak setiap harinya.
  11. CAMPAIGNS. Kalo ingin mempromosikan blog anda, silahkan menggunakan menu ini. Blog akan dipromosikan oleh google lewat Adsense dan tentunya menggunakan biaya promosi.
  12. LAYOUT adalah menu untuk melihat dan mengatur tata letak dari Widget/Gadget (Informasi-informasi lain yang terkait dengan blog) yang telah terpasang di blog.
  13. TEMPLATE adalah tempat untuk mengedit tampilan Blog. "Costumize" untuk mengedit secara langsung dengan melihat hasilnya, sementara "Edit HTML" untuk mengedit tampilan menggunakan bahasa HTML. Template yang dipilih sebelumnya merupakan template standar bawaan Blogspot, anda dapat menggantinya dengan yang lebih keren, indah dan enak dipandang. Saya menyarankan anda mengunjungi http://btemplates.com
  14. SETTINGS ialah menu untuk mengatur hal-hal lain yang terkait dengan blog diantaranya Judul dan deskripsi blog, penulis dan pembaca blog, tampilan komentar blog, bahasa tampilan, format waktu dll.

Baca artikel 9 Bagian Penting dalam Artikel saat akan memulai menulis di halaman blog anda.

Setelah membuat blog baru dan mengetahui fungsi dari menu-menu yang telah dipaparkan diatas, silahkan mengembangkan blog baru anda tergantung tujuan awal anda membuatnya. Mengurus blog bisa dikatakan tidak terlalu sulit, mengembangkannya itu yang lumayan sulit. Menulis artikel yang berkualitas tentu saja akan memakan banyak waktu, kecuali bagi mereka yang memang mempunyai hobby menulis dan mengarang. Masih banyak hal-hal lain terkait ilmu blogspot yang bisa anda pelajari untuk lebih membantu anda dalam berselancar di dunia blogging. Saran saya, tetaplah berkunjung ke blog desainkode, akan ada banyak hal-hal baru terkait dengan ilmu blog.

Tautan (link) hidup dalam komentar bersifat nofollow.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://nama_situs.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI...</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI...</em>

Konversi Kode di Sini

:) :( :p :D :o ;) 8-) 8:) :/ :'( 3:) O:) :* <3 ^_^ -_- o.O O.o >:o :v :3
Batal